(sumber gambar: shuttershock.com)

Bubble tea atau yang biasa dikenal dengan boba sedang menjadi minuman trend saat ini. Berbagai variasi rasa minuman yang ditambahkan dengan topping boba tea didalamnya membuat minuman satu ini sangat digemari oleh berbagai kalangan khususnya generasi milenial. Namun tau kah kamu jika minum boba yang terlalu sering dapat berbahaya? Menurut Ketua Indonesia Nutritionist Sport Association dan Kemenkes, didalam satu gelas boba tea (±330ml) mengandung 200kkal-500kkal energi. Energi tersebut disumbang dari komposisi utama boba yaitu tapioka dan gula.

Normalnya sudah dikatakan oleh Kemenkes bahwa batasan yang boleh konsumsi GGL perhari yaitu Gula 50gr (4sdm), Garam 5gr (1 sdt) dan Lemak 67gr (5sdm minyak). Sedangkan didalam 1 gelas boba terdapat sekitar 50-70 gr gula dalam satu kali konsumsi yang artinya sudah ada pada batas konsumsi gula perhari, padahal hanya boba saja belum dengan makanan dan minuman lainnya selain boba. Itu sebabnya mengapa kita harus membatasi minum minuman boba yang berlebihan.

Jika terlalu banyak atau sering mengkonsumsi boba tentunya akan menimbulkan efek yang kurang baik seperti:

  1. Memicu kelebihan berat badan
  2. Meningkatnya kadar gula dan kalori sehingga menyebabkan kelebihan kebutuhan perhari yang dapat memicu penyakit lain seperti risiko jantung dan diabetes
  3. Mengganggu sistem pencernaan
  4. Membuat bakteri baik dan jahat dalam usus menjadi tidak seimbang,
  5. Memicu penuaan dini