by unsplash.com

Setelah mengetahui mitos dan fakta mengenai air hangat. Beberapa manfaat air hangat berikut memang benar dapat mengatasi kondisi dibawah ini.

  • Meredakan gejala flu, air hangat dapat membantu meredakan gejala flu seperti sakit tenggorokan dan tersumbat. Uap air hangat akan membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Air hangat juga membantu meredakan iritasi pada tenggorokan.
  • Meredakan nyeri karena haid atau dismenorrhea, konsumsi air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Nyeri akibat kembung saat haid dapat berkurang jika minum cairan dengan jumlah yang cukup sehingga tubuh dapat menahan cairan didalam dan dapat merelaksasi otot yang kram.
  • Meredakan nyeri sendi, air hangat dapat menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi.
  • Meredakan stres, karena air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh termasuk otak yang dapat membuat rileks dan meringankan stres serta cemas. Selain itu minum air hangat atau mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak dan tenang saat beristirahat.