hot water by clubnutricia.co.id

Air hangat memang dikenal sebagai minuman yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, namun terkenal juga dengan beberapa mitos yang harus diluruskan terkait manfaat air hangat ini.

Pertama mitos bahwa air hangat dapat membersihkan saluran pencernaan padahal faktanya efektivitas cara ini masih diragukan kebenarannya. Air hangat mungkin akan membersihkan usus besar dengan menstimulasi gerakan usus tetapi tidak ada bukti ilmiah bahwa air hangat bisa bekerja sebagai detoksifikasi tubuh. Justru air hangat yang dicampur garam akan mengakibatkan risiko kelebihan natrium dan membahayakan bagi penderita penyakit jantung dan ginjal.

Mitos kedua yaitu air hangat dipercaya dapat membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Fakta sebenarnya air hangat hampir menyerupai suhu tubuh yang artinya tubuh tidak perlu bekerja untuk menstabilkan suhu air hangat lagi yang berarti tidak banyak kalori yang terbakar. Justru air dingin yang dapat membakar kalori tubuh lebih efektif karena tubuh akan meningkatkan suhu nya lalu bekerja untuk menghangatkan air dingin tersebut yang tentunya memakai kalori dalam tubuh. Tetapi konsumsi air dingin ini tidak signifikan dalam membantu membakar kalori karena yang terbakar hanya dengan jumlah yang sedikit.