Saat tubuh lelah beraktifitas seharian melakukan kegiatan maka tubuh membutuhkan istirahat yang dapat kita lakukan dengan tidur. Tidur adalah istirahat alami seseorang setelah melakukan kegiatan sehari-hari dimana keadaan ini terjadi dibawah alam sadar yang masih dapat dibangunkan oleh respon sensorik ataupun lainnya. Sayangnya sebagian orang tidak terlalu peduli dengan waktu tidur nya dan membiarkan untuk begadang diwaktu tidur seharusnya. Menerapkan waktu tidur yang ideal sangatlah penting bagi kesehatan.

Dilansir dari National Sleep Foundation waktu tidur yang ideal sesuai dengan kelompok usia sebagai berikut:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari
  • Prasekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari
  • Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari.

Kebutuhan waktu seseorang tentunya memiliki durasi yang berbeda-beda sesuai dengan kelompok umur dan kebutuhannya. Kamu juga harus mengetahui penyebab jika waktu tidur kamu terganggu dan harus segera mengatasinya karena dengan memanfaatkan waktu tidur yang ideal maka akan mempengaruhi kesehatan dan merefresh tubuh kamu agar tetap optimal dalam melakukan aktifitas kembali.