Ilustrasi Bihun Tumis by orijit57/unsplash.com

Sumber karbohidrat satu ini sudah tak asing lagi untuk dijumpai. Bihun dan soun memiliki bentuk yang hampir serupa dengan mie dan suka dihidangkan baik untuk pelengkap makan ataupun ketika sarapan. Tak jarang banyak orang yang sering tertukar dan bingung antara bihun dan soun, bahkan ada juga yang menganggap kedua jenis ini serupa alias tak ada bedanya. Perlu kamu ketahui bahwa bihun dan soun merupakan dua jenis makanan yang berbeda loh, baik dari bahan sampai penggunaannya.

by maxgriss/unsplash.com

Bihun memilki warna putih tulang atau sedikit kusam dibanding dengan soun yang warnanya putih bening. Bihun sendiri bisa terbuat dari dua jenis bahan yaitu tepung beras atau jagung sehingga memiliki tekstur mudah patah dan lebih cepat masak daripada soun. Sedangkan soun terbuat dari sari pati kacang hijau/umbian/sagu yang membuatnya memiliki tekstur yang lentur dan lebih licin.

Nilai gizi antara keduanya pun berbeda dimana kalori soun lebih besar daripada bihun dengan selisih 99 kkal/180 gr nya. Untuk penggunaannya bihun biasanya suka dihidangkan dengan cara digoreng atau ditumis dan ditambahkan topping seperti sosis, bakso, sayur ataupun daging. Sedangkan soun biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam hindangan sup, bakso, soto, tekwan dll. Agar lebih mudah memahaminya kamu bisa lihat gambar berikut.

(sumber:kokikutv)

Nah sekarang kamu sudah bisa membedakan mana bihun dan soun kan? Jangan sampai tertukar lagi ya!