Banyak sekali faktor yang dapat membuat kita menjadi stres baik tentang kerjaan ataupun lainnya. Stres merupakan suatu keadaan tertekan sebagai tanda reaksi tubuh secara alami ketika menghadapi situasi yang mengecam ataupun ancaman. Selama ini kita hanya disibukkan dengan bahaya dan akibat dari stres tapi disamping itu taukah kamu kalau stres ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh jika masih ditahap stres tingkat rendah atau stres yang masih bisa dikendalikan.

Adapun manfaat stress bagi kesehatan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan otak, saat kamu sedang stres tentunya otak dipaksa untuk berpikir, hal inilah yang dapat membuat meningkatkannya fungsi otak, sekaligus daya ingat dan kemampuan untuk berkonsentrasi.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, walaupun bersifat sementara saat stres tubuh mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai infeksi dan ancaman penyakit dari luar dengan mengeluarkan interleukin. Zat kimia inilah yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  3. Meningkatkan energi tubuh, ketika stres tubuh akan mengeluarkanhormon adrenalin dan kortisol yang dapat meningkatkan energi tubuh. Selain itu organ hati juga mengeluarkan lebih banyak glukosa atau zat gula saat stres.
  4. Mengasah pribadi menjadi lebih tangguh

Gimana udah tau kan kalau stres ternyata memiliki beberapa manfaat yang tak kalah pentingnya. Belajarlah menghadapi masalah dengan baik dan bijak sehingga kamu bisa mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi masalahmu.

Namun, jika stres yang kamu alami sudah sangat mengganggu aktivitasmu atau bahkan membuatmu jatuh sakit, segera bawa ke psikolog atau psikiater agar dapat membantu berkonsultasi dengan dokter.