(sumber gambar: unsplash.com;edit)

Salah satu upaya untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19 yaitu dengan adanya vaksin. Bukan hanya itu vaksin juga dilakukan untuk membangun kekebalan tubuh dalam suatu kelompok atau sering disebut herd immunity. Hingga saat ini distribusi vaksin masih terus dilakukan, tentunya vaksinisasi tersebut dapat menimbulkan efek samping yang berbeda-beda pada tiap orang mulai dari ringan hingga berat. Untuk mengatasi itu kamu bisa mengurangi efek samping tersebut dengan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan dan dihindari setelah melakukan vaksin.

Dilansir dari Eating Well, berikut jenis makanan yang dapat dikonsumsi dan dihindari oleh orang yang habis melakukan suntik vaksin covid-19:

  • Mengonsumsi makanan bergizi tinggi yang bisa didapat dari makanan utuh seperti buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran yang akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja dengan baik sehingga peradangan yang terjadi dalam tubuh pun perlahan dapat teratasi.
  • Memenuhi kebutuhan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa didapat dari buah-buah dan sayuran seperti jambu biji, jeruk, pepaya, strawberry, brokoli dan bayam.
  • Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan omega-3 contohnya berbagai jenis ikan seperti tuna, salmon, mackerel, sarden, teri, dan kacang-kacangan yang merupakan antiinflamasi. Antiinflamasi atau antiradang adalah sifat suatu obat atau makanan yang mengurangi radang (inflamasi).
  • Tambahkan beberapa rempah yang memiliki sifat antiinflamasi untuk dikonsumsi setelah vaksin Covid-19, salah satunya kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi dan bisa ditaburkan pada makanan.
  • Perbanyak minum air agar tetap terhidrasi, baik sebelum maupun sesudah vaksin Covid-19 untuk mengurangi efek samping yang dapat terjadi.
  • Kurangi makan makanan junk food karena dapat menyebabkan peradangan ketika akan dan setelah mendapatkan vaksin.
  • Hindari konsumsi alkohol setelah vaksin karena alkohol dapat menekan sistem kekebalan tubuh yang membuat dehidrasi.