Tinggi badan kerap kali menjadi suatu permasalahan bagi beberapa orang. Tinggi badan (TB) merupakan komponen yang fundamental sebagai indikator status gizi, dengan menghubungkan berat badan terhadap tinggi badan. Pertumbuhan tinggi badan akan berhenti ketika lempeng pada tulang panjang menutup sehingga tulang tidak bisa bertambah panjang lagi. Ini umumnya terjadi pada masa pubertas.

Pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh potensi biologi yang dimiliki, sedangkan tingkat ketercapaian potensi biologi merupakan hasil dari interaksi antara faktor genetik yang merupakan modal dasar dalam mencapai hasil akhir pertumbuhan.

Tinggi Potensi Genetik (TPG) adalah perkiraan tinggi akhir (tinggi dewasa) anak yang dihitung berdasarkan tinggi badan orang tua. Untuk mengetahui berapa potensi tinggi badan maksimal, kamu dapat menghitung nya dengan rumus berikut:

  • TPG anak laki-laki = ((TB ibu (cm) + 13 cm) + TB ayah (cm))/2 ± 8,5 cm
  • TPG anak perempuan = ((TB ayah (cm) – 13 cm) + TB ibu (cm))/2 ± 8,5 cm

Sebagai contoh jika kamu ingin menghitung tinggi potensi genetik anak laki-laki dengan tinggi ayah 170cm dan ibu 160cm maka perhitungannya:

TPG anak laki-laki

((160 (cm) + 13 cm) +170 (cm))/2 + 8,5 cm= 180cm

((160 (cm) + 13 cm) +170 (cm))/2 – 8,5 cm= 163cm

Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa potensi tinggi badan anak laki-laki tersebut berkisar antara 163cm – 180cm.

Jadi mulai sekarang kamu bisa menargetkan tinggi badan sesuai TPG yang telah kamu hitung ya.. Tapi jangan lupa nih kalau tinggi badan juga harus diimbangi dengan faktor lainnya seperti konsumsi makanan tinggi kalsium dan olahraga secukupnya ya!

Daftar Pustaka:

https:// hellosehat.com/nutrisi/tinggi-badan

https:// idai.or.id/kalkulator-tinggi-potensi-genetik