Orang Indonesia umumnya banyak yang menyukai makanan dengan rasa pedas. Pedas hanya merupakan suatu sensasi panas dan terbakar yang dirasakan ujung saraf lidah atau lebih dikenal sebagai papila. Rasa pedas sendiri sering ditimbulkan oleh cabai yang  disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terkandung dalamnya. Capsaicin  berhubungan dengan papila bagian manapun di lidah, tidak mempunyai bagian tertentu yang lebih peka.

Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam cabai yang memiliki cita rasa pedas. Zat yang terdapat pada urat dari cabe inilah yang membuat rasa pedas, panas atau sensasi terbakar. Adapun manfaat Capsaicin dalam cabai bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Capsaicin juga dapat membantu mencegah infeksi bakteri. Lalu mempunyai efek anti nyeri dengan cara mengoleskan krim yang mengandung capsaicin pada tubuh yang mengalami nyeri. Sensasi pedas dari cabai sendiri dapat membantu buat kalian yang sedang diet untuk menurunkan berat badan atau yang sedang menjaga berat badan, karna sensasi pedas ini dapat meningkatkan metabolisme lemak yang akan mengurangi lemak dalam tubuh kalian, tapi harus diimbangi dengan olahraga atau aktivitas fisik juga ya.

Ingat! Walaupun memiliki manfaat yang banyak, makan cabai dengan berlebihan tetap tidak dianjurkan karena tidak baik untuk kesehatan dan beresiko untuk terkena penyakit maag akut, sakit kerongkongan, dan juga diare. Jadi konsumsi yang sewajarnya saja ya..

Semoga bermanfaat! Stay safe and Stay Healthy!