Menurut KBBI, Bahagia adalah suatu keadaan atau perasaan senang dan tenteram dimana kita bebas dari segala yang menyusahkan. Bahagia sendiri bisa ditemukan melalui orang lain atau diri sendiri. Selain bersyukur, terdapat berbagai cara untuk menemukan kebahagian. Taukah kamu didalam tubuh kita terdapat hormon yang mampu memproduksi senyawa kebahagian. Berikut macam-macam senyawa kebahagian dan cara mendapatkannya.

by istockphoto.com
  • Dopamine

Dopamine identik dengan rasa bahagia dan kesenangan diri yang bertugas dalam menyampaikan pesan antar sel saraf. Cara mendapatkan dopamine sangatlah mudah biasanya dengan mengkonsumsi makanan yang enak, tidur yang cukup dan berkualitas serta mandi dengan menggunakan air hangat.

  • Oksitosin

Oksitosin atau lebih sering dikenal dengan sebutan hormon cinta bertugas untuk membantu meningkatkan kepercayaan,merpererat empati serta ikatan dalam hubungan, baik bersama pasangan, keluarga maupun teman dekat. Hormon cinta biasanya didapatkan melalui berbagi cerita kepada satu sama lain, melakukan kebaikan dan sentuhan fisik.

  • Endorphin

Endorphin yaitu sebagai hormon pereda nyeri alami dalam tubuh. Hormon ini diproduksi tubuh sebagai respon terhadap stres atau rasa ketidaknyamanan yang sedang terjadi. Endorphin bisa didapatkan dengan berolahraga, mendengarkan musik ataupun ketika sedang tertawa.

  • Serotonin

Hormon serotonin bertugas sebagai pengantar sinyal antar jaringan saraf yang juga berperan mengatur suasana hati agar membuat mood lebih stabil. Serotonin bisa didapatkan dengan cara menikmati keindahan alam, terpapar sinar matahari serta berdoa atau beribadah.