(sumber gambar: Dermcheckapp.com from popbela.com)

1. Jerawat pada dahi dan sekitar tepi rambut

Munculnya jerawat memang dapat membuat kita menjadi risih dan kurang percaya diri. Penyebab jerawat pada area dahi dan sekitar anak rambut karena bisa jadi kamu kurang cocok dengan shampoo atau kurang bersih ketika bilas shampo saat mandi. Namun bisa juga sebagai tanda jika pencernaan kamu sedang terganggu. Solusinya kamu bisa kurangi konsumsi junkfood, makanan berlemak, dan hindari memakai poni.

2. Jerawat diantara alis

Jika kamu mengalami jerawat pada bagian ini maka bisa jadi hati dan lambung kamu sedang bermasalah akibat dari makanan berminyak, dehidrasi dan minum terlalu banyak alkohol. Solusinya mulai lah untuk minum air putih dengan cukup dan hindari konsumsi makanan berminyak serta alkohol.

3. Jerawat pada hidung

Jerawa yang muncul pada area hidung dapat menjadi tanda bahwa adanya gangguan pada jantung karena tekanan darah yang tidak normal, konsumsi garam berlebih dan sirkulasi yang kurang baik. Solusinya kamu harus kurangi makan makanan asin dan mulailah untuk berolahraga.

4. Jerawat pada area bawah mata

Selain permasalahan pada lingkar mata yang gelap, munculnya jerawat pada bagian ini dikarenakan oleh kurangnya jam tidur, defisit minum air putih dan kotoran yang berasal dari makeup. Sering menggosok mata dengan tangan juga menjadi salah satunya. Selain minum air yang cukup kamu juga harus membersihkan makeup kamu sebelum tidur dan atur jam tidur kamu minimal 6 sampai 8 jam.

5. Jerawat pada pipi

Tak jarang lagi jika jerawat muncul pada area satu ini karena aktifitas yang kita lakukan contohnya karena sarung bantal dan sprei kamu yang jarang diganti. Selain itu handphone kamu yang kotor, polusi udara yang kurang sehat menjadi penyebabnya. Mulailah untuk hidup bersih dan hindari kebiasan merokok.

6. Jerawat sekitar area telinga

Pada bagian ini disebabkan karena ginjal yang sedang bermasalah yang biasanya disebabkan karena dehidrasi, stress, dan berlebihan produksi minyak. Rutinlah untuk minum air dengan rutin minimal 8 gelas sehari dan perbanyak konsumsi sayur dan buah.

7. Jerawat pada area rahang

Jerawat yang timbul diarea ini dapat disebabkan karena kebiasaan kamu yang memegang wajah dengan tangan yang kotor dan konsumsi junkfood. Hindari untuk terlalu sering menyentuh wajah dan kurangi makanan junkfood.

8. Jerawat sekitar bibir

Jika kamu sedang mengalami jerawat pada area ini tandanya hormon kamu sedang tidak seimbang dan ada gangguan organ reproduksi. Bisa jadi ini terjadi akibat ovulasi dan siklus menstruasi yang sedang terjadi.

9. Jerawat pada dagu

Hampir sama dengan area bibir, jerawat pada bagian dagu umumnya disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang dan siklus menstruasi. Tetaplah penuhi kebutuhan cairan dan konsumsi sayur dan buah.