Seringkali kita tidak menghiraukan waktu makan sehari-hari dengan baik bahkan ada yang sampai lupa kalau waktu makannya sudah terlewat dan cenderung digabung dengan waktu makan berikutnya. Banyak juga yang sengaja menunda waktu makannya lantaran sibuk dengan aktifitas atau hanya karna sedang malas. Padahal waktu makan yang tidak teratur jelas tidak sehat karena dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Dalam sehari ada 3 kali waktu makan utama dan 2 kali makan selingan yang harus diperhatikan.

1. Makan Pagi

Menurut PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi) waktu sarapan yang baik dapat dilakukan mulai dari satu hingga dua jam setelah bangun tidur dengan rentang jam paling lama hingga pukul 10.00 pagi. Idealnya jika kita sarapan pada pukul 07.00 maka pada pukul 09.00 kamu dapat mengkonsumsi selingan pagi untuk memenuhi kebutuhan. Usahakan agar tidak lewat dari waktu tersebut agar jeda dengan makan siang tidak berdekatan. Orang yang cenderung tidak sarapan biasanya akan lebih mudah lelah dapat meningkatkan resiko berat badan mudah naik. Oleh karena itu peran sarapan sangatlah penting karena untuk memulai aktifitas kita membutuhkan energi dan konsentrasi yang bisa didapat melalui makanan dan minuman.

2. Makan Siang

Makan siang juga tak kalah pentingnya dari sarapan karena pada waktu ini kita sedang berada pada puncaknya aktifitas yang tentunya membutuhkan energi lebih dari sarapan. Waktu ideal untuk mengonsumsi makan siang setidaknya perlu memiliki jeda empat jam dengan makan pagi setiap harinya. Idealnya waktu makan siang berada pada pukul 12.00 hingga 13.00 dengan menu makanan yang bervariasi dan seimbang. Usahakan jangan menunda makan siang yang terlalu lama, Jika sarapan dilakukan pada pukul 10.00 pagi, maka makan siang selambat-lambatnya pada pukul dua siang agar jedanya tidak terlalu lama.

3. Makan Malam

Waktu makan yang tepat untuk makan malam idealnya tidak lebih dari pukul 07.00 malam atau tiga jam sebelum tidur agar proses pencernaan makanan berjalan dengan baik. Hindari juga untuk makan terlalu malam karena karena dapat mengganggu kualitas tidur. Jangan menunda makan malam sampai lebih dari jam 10 malam karena dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

4. Makan Selingan

Dari ketiga waktu makan diatas, kamu juga dapat mengkonsumsi makan selingan yang idealnya pada pukul 10.00 pagi dan 04.00 sore. Makan selingan berkisar antara 150 kkal – 200 kkal. Jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pada waktu ini dapat diisi dengan makanan yang kaya akan serat seperti buah atau jus.