ilustration by istockphoto.com

Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang mudah terkontaminasi bakteri Salmonella, E.coli, dan Listeria sehingga dapat membawa sumber penyakit jika tidak dibersihkan dengan benar. Urusan cuci mencuci bahan makanan memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari khususnya saat hendak mengolah makanan. Namun, apakah kebiasaan kamu mencuci sayur sudah benar? berikut cara mencuci sayuran dengan benar.

Pertama, cuci tangan kamu terlebih dahulu sebelum akan menyentuh sayuran, usahakan cuci dengan sabun dan air selama 20 detik. Bersihkan juga tempat dan peralatan yang akan dipakai untuk mencuci sayuran.

Kedua, bersihkan sayuran dari kotoran seperti tanah atau debu. Pilih dan potong bagian sayur yang rusak atau sudah tidak bagus lagi. Jika akan mengolah sayur seperti kentang atau wortel, cuci terlebih dahulu baru kupas kulitnya atau bagian luar nya karena membilas sayuran sebelum dikupas juga dapat mencegah agar kotoran dan bakteri tidak berpindah dari pisau ke buah dan sayuran.

Selanjutnya cuci sayuran dengan menggunakan air mengalir, mulailah mencuci dari bagian terkotor sayuran hingga ke seluruh bagian sayur sampai bersih. Tidak disarankan untuk menggunakan sabun dalam mencuci sayuran ataupun buah.

Terakhir, Keringkan sayuran dengan meletakkan ditempat yang bersih, bisa juga dengan bantuan menggunakan handuk kecil atau tisu lalu di tepuk-tepuk pada sayuran secara perlahan. Sayuran siap diolah ataupun disimpan dikulkas dengan bersih.