by istockphoto.com

Di usia yang dini tentunya anak lebih rentan untuk terkena penyakit, seperti demam. Peran seorang ibu sangatlah penting, bukan hanya mengurus perkerjaan rumah dan merawat anak tetapi juga harus siap siaga menjadi dokter pribadi untuk anak saat sakit. Tak sedikit para ibu yang terlampau panik karena takut terjadi sesuatu yang buruk pada anak sampai keliru memberikan tindakan salah satunya yaitu saat mengompres anak ketika suhu tubuh anak diatas 37 derajat celcius atau demam. Sebagai pertolongan pertama kompres adalah hal efektif yang bisa membantu meredakan demam anak.

Namun, perhatikan caranya jangan sampai keliru seperti kesalahan yang sering terjadi saat mengompres anak sebagai berikut:

  1. Kompres menggunakan air dingin (✘)
  2. Kompres sambil menggunakan selimut yang tebal (✘)
  3. Melakukan kompres hanya dibagian kepala (✘)

Sebaiknya cara yang benar jika akan mengompres anak saat demam seperti berikut

  1. Pakai air hangat saat akan mengompres karena dengan kompres air hangat kita berusaha mengelabui pusat pengaturan suhu tubuh anak yang berada di otak, sehingga diharapkan melalui air hangat set poin pengaturan suhu tubuh anak dapat diturunkan.  (
  2. Berikan asupan cairan yang cukup seperti minum air putih (
  3. Mengatur suhu ruangan dengan suhu yang nyaman (
  4. Menggunakan pakaian yang tipis pada anak (
  5. Memberikan obat-obatan penurun suhu tubuh anak tentunya dengan dosis yang sesuai (

Perlu diperhatikan!! Jika anak mengalami gejala yang berat seperti kejang, sesak napas, penurunan kesadaran, lemas, kurang nafsu makan dan minum bahkan suhu diatas 39 derajat celcius sebaiknya disarankan untuk segera membawanya ke dokter untuk konsultasi lebih lengkap.