Punya tampilan yang hampir mirip sebagai dessert, tak banyak yang tau kalau es krim, gelato dan sorbet memiliki perbedaan. Bahkan bagi sebagian orang hampir menyebut itu semua termasuk es krim. Padahal es krim, gelato dan sorbet jelas berbeda mulai dari bahan, tekstur hingga rasa.

Ice Cream Picture by unsplash.com

Seperti namanya, es krim terbuat dari bahan utama yaitu krim atau kepala susu. Selain krim terdapat bahan campuran lainnya seperti lemak susu, telur dan buah atau cita rasa lain. Bahan-bahan itu dikocok sampai mengembang hingga menghasilkan banyak gelembung udara. Setelah itu es krim dibekukan sampai mencapai minus 18-20 derajat celcius. Es krim mempunyai tekstur semi padat dan lebih halus yang akan cepat mencair jika dikeluarkan dari lemari es karena terdiri dari banyak gelembung udara.

Gelato Picture by unsplash.com

Hampir sulit dibedakan dengan es krim, Gelato merupakan es krim khas dari negara italia yang terbuat dari bahan utama seperti susu, krim, dan gula yang dapat ditambahkan variasi seperti buah-buahan, kacang, dan bahan perasa lainnya. Bedanya dengan es krim, gelato memiliki kandungan lemak dan gelembung udara yang lebih sedikit dari pada es krim sehingga teksturnya juga lebih padat dan tebal tetapi sangat lembut.

Sorbet Picture by unsplash.com

Sedangkan Sorbet merupakan hidangan sebagai makanan penutup atau dessert yang terbuat dari bahan dasar buah-buahan yang dihaluskan dengan soft ice dan ditambahkan bahan pemanis seperti madu atau gula tanpa campuran lemak, susu atau krim. Tekstur sorbet juga lebih keras dan kasar dibanding eskrim dan gelato karena terbuat dari bahan yang sederhana. Rasa sorbet sendiri sangat ringan dan lebih menonjolkan rasa buah-buahan yang kuat.