illustration by istockphoto.com

14 Oktober menjadi tanggal sebagai peringatan Hari Penglihatan Sedunia. Dilansir dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mengatakan bahwa terdapat 1 miliar orang yang memiliki gangguan penglihatan baik jarak dekat atau jauh menurut perhitungan global, ini sebabnya kita sangat penting dalam menjaga mata agar penglihatan tetap baik. Berbagai pengobatan memang dapat dapat dilakukan untuk membantu penyembuhan pada mata, namun tidak ada salahnya jika kita terus merawat mata agar tetap sehat.. bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Untuk lebih jelasnya, berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata.

  1. Konsumsi makanan yang bernutrisi, khususnya yang mengandung tinggi vitamin A, C, E, Lutein, Zeaxanthin, dan Zinc yang dapat ditemukan pada makanan seperti buah beri, buah sitrus, bayam, brokoli, wortel, kacang, ikan tuna, salmon, telur, dan lainnya.
  2. Hindari pancaran sinar yang tajam baik sinar UV matahari yang menyengat ataupun sinar radiasi dari layar handphone/gadget. Untuk mengatasinya saat sedang berada diluar ruangan kamu dapat menggunakan kacamata hitam sebagai pelindung. Ketika sedang menggunakan gadget kamu harus menggunakan minimal jarak sekitar 10 – 15 cm untuk menatap layar gadget.
  3. Jangan membaca ditempat redup dan sambil rebahan karena akan memberikan efek mata menjadi silindris,minus dan rasa pegal saat membaca.
  4. Jangan terlalu lama dalam menggunakan softlense atau kontak lensa karena dapat menimbulkan iritasi yang berisiko memicu iritasi atau alergi.Sebaiknya jika matamu dalam kondisi sehat, kamu tidak perlu menggunakan softlens.
  5. Tetap jaga waktu tidur yang cukup karena setelah bekerja seharian mata juga memerlukan istirahat.
  6. Jaga kebersihan mata dengan selalu mencuci tangan sebelum akan memegang mata, bersihkan juga sisa makeup dan debu yang menempel diarea sekitar mata.
  7. Rutin periksa keadaan kesehatan mata, dengan begitu kamu dapat mengetahui apa saja yang terjadi pada mata kamu.