Olive oil by istockphoto.com

Olive Oil atau Minyak Zaitun merupakan jenis minyak alami yang berasal dari buah zaitun dengan kandungan omega 9 dan vitamin E yang cukup tinggi. Minyak zaitun terkenal dengan berbagai macam khasiatnya sehingga tak jarang banyak orang yang menggunakan minyak zaitun mulai dari untuk pijat, memasak atauoun dikonsumsi. Memiliki segudang manfaat tentunya minyak zaitun punya berbagai macam jenis yang berbeda pula isi dan kegunaannya.

  • Extra Virgin Olive Oil (EVOO) yaitu dibuat dari perasan pertama tanpa pemanasan dan tambahan bahan kimia rasanya sedikit pedas . EVOO bisa dijadikan sebagai masker wajah serta bisa diminum langsung. Cocok untuk salad dan jenis makanan lainnya karena dapat menambah cita rasa, namun jenis ini tidak bisa digunakan untuk memasak karena akan merusaknya.
  • Virgin Olive Oil (VOO) yaitu lebih ringan dibanding EVOO karena diolah tanpa campuran apa pun. Cocok untuk masak dengan api kecil dan perawatan kulit.
  • Refined Olive Oil (ROO) yaitu olahan minyak yang tidak memenuhi syarat jadi EVOO karena kandungan vitamin, mineral, bahkan cita rasanya sangat rendah. Maka dari itu biasanya jenis ini melewati beberapa proses pencampuran saat pembuatannya. Meski begitu ROO dapat digunakan untuk tumis hingga di deep fry karena tidak ada rasa pahit.
  • Light, minyak jenis ini sudah melewati berbagai tahap filtrasi untuk menghilangkan warna aroma dan rasa dari olive oil .
  • Pure merupakan campuran dari VOO dan ROO. Jenis ini cocok digunakan untuk merawat kulit dan juga untuk menumis hingga deep-fry.
  • Pomace, jenis ini memiliki kualitas rendah dan harganya lebih murah karena terbuat dari sisa buah zaitun yang diperas ditambah VOO.