Buah dan sayur merupakan salah satu makanan dengan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur dibutuhkan untuk melakukan proses metabolisme, apabila zat-zat tersebut tidak terpenuhi maka dapat menyebabkan gangguan ataupun penyakit. Ternyata tidak semua buah dan sayur baik untuk dikonsumsi di berbagai kondisi, faktanya buah dan sayur tertentu dapat mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh pada orang dengan keadaan tertentu seperti berikut.

1.Buah Belimbing

Buah belimbing, buah manis yang banyak mengandung vitamin C ini ternyata dapat berakibat fatal bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki sakit ginjal. Menurut para ahli Amerika Serikat belimbing mengandung racun yang bisa berpengaruh ke otak dan mengakibatkan gangguan saraf, ini diproses dan dihilangkan dalam tubuh tapi sebaliknya jika orang itu terkena penyakit ginjal kronis yang tidak dapat dinetralisir oleh tubuh akibatnya racun bisa berpotensi menyebabkan kematian.

2. Buah Leci

Buah Leci, buah yang memiliki tekstur lembut berair dan manis ini bisa menjadi racun jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong yang berkolaborasi dengan rendahnya gula darah sehingga mengakibatkan kadar gula darah yang semakin rendah atau hipoglikemia. Racun tersebut dapat menghambat produksi gula dalam tubuh yang mana akan membahayakan ketika kita tidur hal ini seperti yang terjadi di Kota Muzaffarpur India, setiap tahunnya terdapat ribuan anak di India dirawat di rumah sakit karena demam dan kejang-kejang akibat mengkonsumsi buah leci saat keadaan perut kosong.

3.Tebu

Tanaman tebu sebagai bahan baku gula ini sebenarnya tidak berbahaya untuk dimakan tetapi jika dibiarkan terlalu lama akan berjamur. Makanan berjamur atau terlalu lama disimpan dapat menimbulkan risiko meracuni. Jamur yang tumbuh pada tanaman ini memicu produksi racun yang bisa mengakibatkan muntah-muntah kejang dan koma.

4.Kentang

Begitu juga dengan Kentang bisa jadi beracun khususnya jika kentang yang dikonsumsi sudah bertunas atau berwarna hijau. Warna hijau juga menandakan adanya produksi solanin yang artinya jumlah racun di dalam kentang ikut meningkat. Gejala keracunan yang dapat timbul adalah mual, muntah, halusinasi dan bahkan kelumpuhan.

5.Kacang Merah

Kacang merah mengandung racun alami yang disebut phytohemagglutinin. Keracunan makanan oleh racun ini biasanya disebabkan karena mengkonsumsi kacang merah dalam keadaan mentah atau dimasak kurang sempurna. Gejala keracunan yang ditimbulkan antara lain mual muntah dan nyeri perut.

Itulah beberapa bahan makanan yang dapat menimbulkan racun jika dikonsumsi dalam kondisi tertentu.