by istockphoto.com

Madu memiliki rasa manis yang biasa digunakan sebagai pengganti gula karena dikenal dengan berbagai khasiatnya. Madu asli adalah madu murni yang berasal dari lebah. Sayangnya sudah banyak pula madu yang tidak asli melainkan ditambahkan bahan campuran dengan alasan-alasan tertentu, mengingat banyaknya jenis madu yang ada pula semakin membuat kita bingung untuk membedakannya. Agar tidak tertipu kamu bisa membedakan madu asli atau madu campuran dengan cara dibawah ini:

  • Kekentalan, letakkan madu pada ibu jari. Madu asli tentunya lebih kental dan tidak akan menetes serta membutuhkan waktu yang agak lama saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan madu campuran cenderung lebih mudah menetes dan tidak terlalu kental.
  • Penyerapan, cek dengan menggunakan kertas putih lalu teteskan madu diatasnya. Madu asli tidak tembus dan tidak menyebar pada permukaan kertas. Jika menggunakan kain putih madu asli tidak akan meninggalkan noda.
  • Aroma, madu asli biasanya memiliki aroma khas madu sedangkan madu campuran tidak memiliki aroma.
  • Kelarutan, perlu diketahui madu asli tidak mudah larut dalam air, biasanya membentuk semacam gumpalan yang berada dibawah dasar gelas. Sedangkan madu campuran akan terapung dipermukaan air dan mudah larut.
  • Ketahanan suhu, ketika madu asli dipanaskan atau dimasak akan mudah terkaramelisasi dan tidak berbusa. Ketika didinginkan dilemari pendingin madu asli tetap dengan tekstur madu, hanya saja menjadi agak kenyal namun tidak beku layaknya es batu. Sedangkan madu campuran ketika dipanaskan cenderung berbusa dan saat di dinginkan akan lebih mudah membeku.