(sumber gambar: unsplash.com)

Vaksin moderna merupakan salah satu jenis vaksin mRNA yang masuk ke Indonesia pada bulan juli lalu (7/21) dan digunakan sebagai booster vaksin ketiga untuk tenaga kesehatan. Baru-baru ini Kementrian Kesehatan mengumumkan bahwa vaksin moderna juga ditujukan kepada masyarakat umum dan ibu hamil juga jika sudah tersedia. Setiap orang tentunya memberikan efek yang berbeda setelah melakukan vaksin, namun banyak yang menyebutkan vaksin moderna memberikan efek yang cukup mengganggu seperti demam, sakit kepala, kelelahan, meriang, mual muntah, nyeri otot bahkan bengkak diarea suntikan.

Ada beberapa cara yang perlu diketahui untuk meminimalisir dan mengurangi efek samping tersebut, yaitu:

  1. Tetap tenang dan rileks ketika usai melakukan vaksin.
  2. Jika terjadi nyeri atau bengkak pada area suntikan usahakan kompres dengan air dingin, namun jika sampai mengalami demam kamu dapat kompres dengan air hangat/air mandi biasa.
  3. Istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih agar tetap terhidrasi.
  4. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang, kaya akan vitamin C dan omega-3. Perhatikan juga macam makanan yang dianjurkan dan dihindari untuk mengurangi efek vaksin.
  5. Jangan konsumsi alkohol setelah vaksin karena alkohol dapat menekan sistem kekebalan tubuh yang membuat dehidrasi.
  6. Jika dibutuhkan kamu bisa minum obat untuk menghilangkan rasa nyeri pada gejala tersebut sesuai dengan anjuran dokter.
  7. Kalau efek yang dirasakan terus berlangsung lebih dari 3 hari dan semakin berat kamu dapat hubungi petugas kesehatan atau pergi ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.