(sumber: istockphoto.com)

Istilah panic buying saat ini sedang banyak digunakan dikalangan masyarakat mengingat pandemi yang tak kunjung usai, dimana mereka berbondong-bondong membeli barang kebutuhan sebanyak mungkin dalam satu waktu untuk disimpan karena khawatir akan kehabisan stok atau melonjaknya harga barang tersebut.

Padahal itu tidak perlu dilakukan dan justru akan memicu terjadinya perubahan yang tidak diinginkan. Kamu bisa jadi pembeli yang cerdas serta paham akan kebutuhan yang anti panic buying, yuk simak tips berikut!

  1. Tenangkan diri terlebih dahulu. Jangan mudah terpengaruh dan langsung panik saat akan menentukan kebutuhan yang akan dibeli. Usahakan cari info yang valid dan terpercaya ketika mendengar pemberitaan mengenai suatu produk tertentu.
  2. Buatlah list barang belanjaan yang akan dibeli dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan untuk dua minggu kedepan. Be Smart Buyer dengan menentukan apa saja yang menjadi prioritas utama yang dibutuhkan bukan diinginkan.
  3. Selalu cek kualitas barang saat akan membeli. JIka itu bahan makanan pokok, kamu wajib cek komposisi dan tanggal kadaluarsa-nya.
  4. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk berbelanja via online dan memilih toko yang kredibel sehingga tetap aman dan tidak perlu rebutan bahkan bertemu orang asing.
  5. Pilihlah waktu belanja yang tepat, seperti tidak pada jam sibuk agar tidak mengganggu aktifitas lainnya.